Furniture Ini Cocok Untuk Ruang Tamu Semua Gaya Desain Rumah

konsultan desain interior di yogyakarta

Rumah menjadi tempat pulang saat kita sudah lelah bekerja seharian. Jika rumah yang Anda tempati nyaman, tentu akan membuat betah untuk tetap tinggal. Tetapi jika rumah kurang nyaman, tentu hal ini akan membuat kita menjadi kurang betah untuk menempatinya. Bayangkan jika ada orang yang tiba-tiba datang bertamu, namun ruang tamu sangat berantakan. Pasti merasa malu dan marah bukan? Oleh karena itulah, sangat penting bagi pemilik rumah untuk bisa membuat ruang tamu menjadi lebih nyaman.

Apabila Anda ingin mendesain ruang tamu, pastinya membutuhkan furniture untuk membuat lebih menarik. Nah berikut ini ada beberapa macam furniture ruang tamu yang bisa diaplikasikan.

  • Meja Kayu Alami

Umumnya, ruang tamu memang memiliki meja dan kursi. Dimana kursi diletakkan supaya tamu bisa duduk, sedangkan meja dimanfaatkan untuk meletakkan jamuan. Anda bisa menggunakan meja kayu dengan bentuk bongkahan saja, hal ini akan menciptakan kesan unik dan estetik. Meja kayu ini bisa dipadukan dengan sofa berwarna netral untuk menciptakan suasana hangat tetapi tetap modern. Warna dari meja kayu juga bisa menjadi highlight dan memberikan daya tarik tersendiri.

  • Sofa Hangat

Apabila belum berani mencoba furniture bold dan unik, maka bisa menggunakan furniture yang minimalis. Yang mana bisa menggunakan warna-warna hangat dan tenang seperti beige, merah muda, serta warna kayu yang terkesan terang. Hal ini akan membuat ruang tamu menjadi lebih nyaman. Juga bisa menambahkan berbagai sentuhan alami yang menyegarkan. Misalnya menempatkan tanaman hias menggunakan vas atau pot dengan warna senada. Sofa yang ditempatkan bisa menggunakan warna beige jika bosan dengan warna putih atau warna netral. Kesan ruangan yang lebih playful akan tercipta dari perpaduan warna netral dengan sedikit warna mencolok bantal sofa.

Selain itu juga bisa menggunakan sofa kulit sintesis untuk ruang tamu yang menggunakan desain minimalis sampai shabby chic. Padukan denga cat dinding netral dan minimalisir penempatan furniture ukuran besar untuk menjaga tampilan lebih eksklusif. Tata letaknya bisa diatur simetris untuk saling berhadapan. Namun jika belum tahu tata letak dan pemilihan perabotan, tidak perlu bingung. Sebab ada banyak perumahan yang dilengkapi furniture.

  • Beragam Motif Bantal

Anda juga bisa menambahkan bantal kursi untuk membuat ruang tamu memiliki kesan lebih estetik. Coba ganti sarung bantal sofa lama dengan sarung bantal bahan velvet lembut dan memberikan kesan elegan dan anggun. Permainan warna tidak hanya penting saat mendekor sebuah ruangan. Tetapi dari segi tekstur dan bahan furniture atau elemen lainnya juga penting untuk dipertimbangkan. Menggunakan sarung bantal dengan bahan velvet tidak hanya membuat nyaman, tetapi juga memberikan sentuhan lebih manis pada sofa. Selain itu Anda juga bisa memakai sarung bantal dengan bahan motif atau warna lain sesuai tampilan ruang tamu.

  • Karpet

Apakah Anda merasa kurang lengkap dengan tampilan ruang tamu? Padahal sudah ada meja, sofa, lemari serta perabotan lainnya? Mungkin Anda bisa menempatkan karpet di ruang tamu. Hal ini akan membuat ruang tamu menjadi lebih menarik. Untuk ruang tamu modern yang memiliki kombinasi warna putih dan hitam akan menjadi lebih segar jika diberikan karpet bulu warna kuning mustard.

  • Set Perabot Kayu

Suka dengan konsep rustic alami, cobalah untuk menggunakan material kayu yang senada untuk setiap furniture ruang tamu. Dengan begitu, kesan lebih alami dan homey akan tercipta. Anda juga bisa menambahkan warna-warna yang earthy. Atau juga bisa mengikuti trend yang sedang berjalan di tahun ini.

  • Sentuhan Pop

Ruang tamu modern tidak selalu menggunakan warna hitam atau putih saja. Namun juga bisa memberikan sentuhan warna yang lebih nge-pop di beberapa furniture ruang tamu. Misalnya menempatkan kursi dan bantal kursi. Perpaduan antara warna netral dengan warna cerah akan membuat ruang tamu menjadi lebih stylish dan unik.

  • Rak Hias atau Buffet

Buffet atau rak hias di ruang tamu pastinya memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan besar. Namun buffet ini tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan saja, tetapi juga bisa digunakan untuk sekat ruang tamu. Tetapi jika Anda menerapkan konsep open plan. Sekarang ini ada banyak desain bufet yang bisa dipilih. Baik dari warna, ukuran, bentuk sampai ornamen bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Dekorasi Dinding

Jika dinding ruang tamu kosong, maka bisa menempatkan beberapa dekorasi dinding untuk memikat tamu yang sedang berkunjung. Anda bisa mencoba menempatkan beberapa pigura dengan ukuran berbeda-beda untuk menampilkan kesan artistik yang tidak berlebihan dan seimbang. Tetapi harus diperhatikan untuk pemilihan pola warna jika ruang tamu kecil. Jika memilih dekorasi yang banyak warna, akan membuat area ruang tamu menjadi lebih sempit.

  • Lampu Hias Dekoratif

Untuk Anda yang ingin memaksimalkan ruang tamu menjadi lebih nyaman dan mempunyai karakter yang sesuai dengan gaya arsitektur rumah. Maka Anda bisa memulai dari pencahayaan. Maksudnya disini bukan cahaya alami, tetapi dari lampu hias. Lampu hias sendiri terdapat tiga pengaturan yang harus diketahui. Ambient lighting memberikan penerangan di seluruh ruangan. Task lighting memiliki fungsi terarah untuk area tertentu dan diletakkan pada zona meja tau kursi. Misalnya lampu baca atau lampu lantai. Pencahayaan aksen dimanfaatkan untuk memberikan cahaya yang fokus pada pajangan foto dinding.

  • Kursi Cantik

Sofa ukuran besar ditempatkan pada ruang tamu minimalis tentunya tidak pas, karena ruang yang tersedia tidak memadai. Nah untuk mengatasinya bisa menggunakan kursi minimalis. Dengan menggunakan kursi minimalis, maka bisa memberikan kesempatan pada tamu untuk membangun ruang mereka sendiri. Serta menjadikan tempat ideal untuk bersantai. Anda bisa menempatkan kursi cantik yang dekoratif bebas warna. Penempatan kursi ini bisa menjadi pelengkap sekaligus untuk dekorasi lebih menarik pada ruang tamu.

  • Sofa Lesehan

Seperti namanya, sofa lesehan ini memang tidak memiliki kaki dan termasuk salah satu furniture ruang tamu yang sesuai untuk rumah minimalis. Posisi duduk yang rendah akan membuat ruangan seolah-olah menjadi lebih luas dan tinggi. Anda bisa memilih sofa lesehan yang tidak terlalu panjang dan lebar supaya tidak terlalu banyak memakan ruang.

  • Bean Bag

Apabila penempatan sofa dirasakan terlalu besar untuk diletakkan di ruang tamu, Anda bisa menempatkan bean bag. Selain murah, bean bag juga dirasa nyaman untuk alas duduk dan tidak akan memakan banyak ruang pastinya. Warna-warna bean bag pun bisa disesuaikan dengan warna dinding atau warna kesukaan, jadi tidak akan membuat monoton.

  • Televisi

Pun Anda bisa menempatkan sebuah televisi. Apabila ruang tamu Anda terbilang sempit, jangan meletakkan televisi di meja, namun gantung televisi pada dinding memakai bracket. Dengan cara ini maka bisa menghemat ruang dan membuat ruang tamu mendapatkan kesan lebih luas.

  • Rak Gantung

Memiliki banyak pajangan dan barang? Maka Anda bisa menempatkan rak gantung dari kayu di ruang tamu. Hal ini berlaku jika ruang tamu rumah Anda terbilang sempit.