Jangan Bikin Lemari Sebelum Baca Ini

Buat lemari, bikin lemariFurniture menjadi salah satu produk berbahan dasar kayu yang memiliki banyak sekali kegunaan. Banyak jenis furniture yang saat ini telah ada di sekitar kita. Perkembangan zaman menjadi salah satu faktor utama ikut berkembangnya furniture saat ini. Sebab dengan adanya perkembangan zaman ini, kita bisa mendapatkan produk furniture dengan lebih mudah. Jika pada zaman dulu kita harus membuat furniture dengan cara manual, kini telah banyak alat dan mesin yang bisa digunakan untuk pembuatan furniture dengan lebih mudah. Maka tak heran jika di zaman ini, banyak jenis-jenis produk furniture yang beraneka ragam. Salah satu yang paling banyak digemari dan paling banyak dibutuhkan adalah lemari. Lemari menjadi salah satu furniture yang wajib ada di suatu rumah. Sebab lemari memiliki peranan yang sangat penting, yaitu penyimpanan. Memang pada umumnya banyak yang buat lemari hanya untuk menaruh pakaian saja. Tapi sebenarnya lemari memiliki banyak sekali fungsi. Tak hanya sebagai tempat penyimpanan pakaian, ia juga bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga kita. Seperti, piala, piagam, buku atau barang berharga lainnya. Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat ini, kita memang lebih mudah untuk bikin lemari dengan desain sesuai keinginan kita. Sebab telah banyak alat yang memudahkan kita. Bahkan, saat ini perusahaan furniture pun telah menjamur di berbagai kota. Maka jika kita ingin buat lemari dengan desain kita sendiri pun akan sangat mudah.

bikin lemari

Apa Saja Yang Diperhatikan Sebelum Bikin Lemari Custom?

Dengan banyaknya jenis lemari yang ada di pasaran membuat kita tak perlu lagi khawatir untuk mendapatkan lemari sesuai dengan yang kita harapkan. Terlebih saat ini telah banyak perusahaan furniture yang menyediakan jasa untuk buat lemari custom sesuai dengan yang diinginkan klien. Dengan kemudahan yang kita dapat saat ini, ta heran jika banyak orang yang berbondong untuk membeli atau bikin lemari secara custom. Lemari merupakan tempat penyimpanan barang yang pada umumnya berbentuk kota besar. Dengan pintu dan memiliki beberapa rak di dalamnya. Meski bentuk umumnya adalah kotak, namun tak jarang yang buat lemari dengan desain yang berbeda dan unik. Bahkan saat ini di pasaran pun telah ada berbagai model, sehingga kita mudah untuk memilih sesuai dengan kebutuhan kita. Atau bahkan jika kita ingin custom lemari pun sangat bisa saat ini. Sebab jasa bikin lemari custom sekarang sangat mudah kita dapatkan. Bahkan via online pun kita bisa mendapatkan jasa tersebut.  Tapi sebelum kita buat lemari custom ada beberapa hal yang wajib keta ketahui terlebih dahulu. Ini sanat penting agar kita dapat bikin lemari dengan kualitas yang terbaik. Apa sajakah hal penting tersebut?

  1. Bahan Dasar Yang Digunakan

Hal pertama yang harus diketahui saat kita hendak buat lemari adalah mengetahui bahan yang digunakan. Bahan yang kita gunakan akan mempengaruhi keawetan dan kualitas dari lemari yang akan kita buat. Ada banyak jenis lemari yang ada di pasaran. Dan setiap lemari pun memiliki bahan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan bahan dari kayu, dari plastik bahkan dari kaca, alumunium atau besi. Namun yang lebih umum dan telah teruji dari segi keawetan dan tampilan yang elegan adalah dengan menggunakan bahan kayu. Tapi, bahan kayu pun tak bisa asal-asalan, sebab ada banyak jenis kayu yang biasa digunakan untuk bikin lemari. Inilah beberapa jenis kayu terbaik yang banyak direkomendasikan:

  • Kayu jati

Kayu yang satu ini pasti sudah dikenal banyak orang. Bahkan mayoritas dunia pasti mengenal kayu jati ini. Kayu ini memang selalu menjadi primadona bagi para pecinta furniture. Kayu yang bisa kita dapatkan dengan mudah di pulau jawa dan sumatra ini memang memiliki banyak sekali keunggulan. Kayu jati merupakan kayu yang memiliki warna cokelat kekuningan dan memiliki kekuatan yang sangat baik. Sehingga kayu jenis ini memang sering dijadikan andalan untuk buat lemari berkualitas tinggi.

  • Kayu mahoni

Berikutnya kita juga bisa memilih menggunakan kayu mahoni untuk bikin lemari.  Ini karena kayu jenis ini memiliki kualitas yang tak kalah jauh dengan kayu jati. Meski begitu kayu mahoni memiliki serat yang lebih halus ketimbang kayu jati dan memiliki pori-pori yang kecil sehingga menghasilkan permukaan yang halus. Kayu mahoni memiliki karakteristik yang ringan dan memiliki warna cokelat yang cantik.

  • Kayu jati belanda

Kayu jati belanda bukan kayu jati ya, kayu jati belanda ini hanya namanya saja. Sebenarnya kayu ini merupakan kayu pinus. Kayu jati belanda memiliki banyak sekali keunggulan. Meski tak bisa dibandingkan dengan kayu jati asli, tapi kayu yang satu ini pun sangat direkomendasikan untuk digunakan untuk buat lemari.

 

  • Kayu mindi

Kalau kayu yang satu ini biasa digunakan oleh produk furniture jepara. Kayu ini memiliki karakteristik yang keras dan memiliki motif yang unik. Kayu ini memang jarang digunakan pada produk yang diharapkan bertahan lama. Namun kayu ini memiliki harga yang cukup murah ketimbang kayu lainnya.

  1. Menentukan Desain Yang Pas Dan Sesuai Dengan Kebutuhan

Tentang desain, kini telah banyak jenis lemari di pasaran yang bisa kita jadikan contoh untuk desain kita. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat desain, agar kita mendapatkan desain yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Inilah beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Ukuran ruangan untuk tempat lemari
  • Ukuran lemari yang dibutuhkan
  • Fungsi lemari harus jelas
  • Desain harus sesuai dengan kebutuhan
  • Desain harus orisinal, bukan meniru
  • Sesuaikan dengan budget

  1. Menentukan Jasa Untuk Bikin Lemari Custom Terbaik

Seandainya kita bisa buat lemari sendiri, maka itu akan lebih mudah dan irit. Tetapi jika kita tak bisa membuatnya memang ada baiknya memilih menggunakan jasa. Di era digitalisasi ini telah banyak jenis jasa yang membantu menyelesaikan segala permasalahan kita. Bahkan tentang perabotan rumah sekalipun. Maka untuk mendapatkan jasa yang tepat pun saat ini tak terlalu sulit. Di tambah lagi untuk mencarinya kita bisa memanfaatkan media sosial. Sebab saat ini telah sangat mudah mencari jasa via online.

  1. Pastikan Budget Mencukupi

Yang terakhir adalah, kita harus memastikan bahwa budget yang kita miliki pas. Memang jika kita ingin mendapatkan lemari yang berkualitas baik, kita harus menyiapkan budget yang tak sedikit. Maka sebelum kita memutuskan untuk membuat lemari sesuai dengan keinginan kita, ada baiknya kita mengetahui tentang harga-harga lemari atau bahan mentah jika kita ingin membuat lemari sendiri. Kalau bisa, bahkan kita harus memiliki sisa budget yang bisa kita gunakan untuk hal-hal yang tak terduga.

Maka itulah beberapa tips yang bisa kita gunakan sebelum kita membuat lemari, entah custom sendiri atau menggunakan jasa. Meski tentunya masih banyak tips yang tak bisa di tuliskan, semoga tips di atas mencukupi agar kita mengetahui apa-apa yang memang sangat diperlukan dan perlu diperhatikan sebelum membuat lemari sesuai dengan yang kita harapkan.